Visi Misi FK UNAIR

VISI

Menjadi Fakultas Kedokteran yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, enterpreneurship serta humaniora berdasarkan moral agama.

MISI

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi kedokteran dengan keunggulan kelas dunia berdasarkan nilai kebangsaan dan moral agama.
  • Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan kedokteran, serta penelitian kebijakan kesehatan yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang berjiwa enterpreneur serta humaniora untuk kesehatan masyarakat.
  • Menyelenggarakan tata kelola fakultas secara mandiri dengan baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional.

TUJUAN

  • Terwujudnya lulusan yang unggul dan inovatif, yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran dan humaniora berdasarkan moral agama, serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  • Terwujudnya penelitian yang unggul dan inovatif yang mampu mendorong ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran dan humaniora dalam lingkup nasional dan internasional.
  • Terwujudnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraanumum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, serta pemberdayaan masyarakat secara inovatif agar masyarakat mampu menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelanjutan.
  • Terwujudnya tata kelola kelembagaan secara mandiri yang berorientasi pada mutu yang berkelanjutan dan mampu bersaing di tingkat internasional.
Visi Misi Prodi Paru FK UNAIR

Visi Program Studi Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FK UNAIR adalah menjadi pusat pendidikan profesi Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan yang mandiri, inovatif, terkemuka, diakui dan mampu bersaing di tingkat nasional dan Asia Pasifik  serta sebagai pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, entrepreneurship serta humaniora berdasarkan moral agama yang menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional yang mampu mengatasi masalah penyakit paru dan kesehatan respirasi pada tahun 2030.


1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan dokter spesialis paru dan pernapasan yang menjunjung tinggi kode etik kedokteran indonesia. 

2. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan dokter spesialis paru dan pernapasan yang kompeten dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat 

3. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang mempunyai keahlian untuk mengatasi masalah kesehatan paru, baik yang bersiifat preventif, kuratif, promotif dan rehabilitatif. 

4. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sebagai Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan kemajuan ilmu pengetahuan, serta mampu mengembangkan pengalaman belajarnya berdasarkan bukti ilmiah terkini. 

5. Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan, maupun kebijakan yang inovatif dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun Asia Pasifik. 

6. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan memberdayakan masyarakat agar daoat menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelanjutan.
Tujuan Umum:
Menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pelayanan kedokteran spesialistik yang bertika, sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu bersaing dalam skala nasional dan Asia Pasifik

Tujuan Khusus:
Menghasilkan lulusan yang :
1.Mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Paru dan pernapasan serta bertanggung jawab dalam pengalaman ilmunya untuk menanggulangi masalah penyakit paru dan pernapasan di masyarakat.
2.Memiliki basis standar manajemen dan standar pelayanan yang berfokus pada pelanggan internal dan eksternal
3.Memiliki sifat profesional, mandiri, integritas dan daya saing yang tinggi.
4.Memiliki kemampuan berinovasi dan bersaing dalam penelitian ditingkat Nasional dan Asia Pasifik
5.Mampu memberdayakan masyarakat agar dapat menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelanjutan melalui kegiatan pengabdian masyarakat
6.Memiliki citra positif di mata stakeholder Internal dan Eksternal

Strategi Program Studi Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi adalah sebagai berikut :

  1. Peningkatan Peserta didik yang berkualitas, bermoral, terbaik pada board of examination, serta lulusan tepat waktu.

  2. Mengikuti pendidikan sesuai dengan standar kurikulum.

  3. Mengikutsertakan peserta didik dalam PKB (pelatihan, seminar, worksop, simposium) tersertifikasi di bidang paru.

  4. Peningkatan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan.

  5. Peningkatan kualitas staff dan peserta didik.

  6. Pengembangan kompetensi staff dosen

  7. Peningkatan jumlah dosen

  8. Terwujudnya lulusan yang berprestasi dan  mandiri

  9. Peningkatan publikasi penelitian staf dosen ditingkat Nasional maupun Asia Pasifik

  10. Peningkatan kualitas SDM dosen melalui keikutsertaan staf dosen pada forum ilmiah di tingkat nasional maupun Asia Pasifik

  11. Peningkatan keikutsertaan peserta didk dalam kegiatan pengabdian masyarakat

  12. Mengefektifkan anggaran pendidikan, penelitian dan pengmas melalui RKAT FK UNAIR

  13. Peningkatan peran serta program studi kepada lembaga pemerintah, LSM maupun organisasi masyarakat

Sasaran

1. Menghasilkan lulusan Spesialis yang berkualitas, bermoral, yang terbaik pada board of examination, serta lulusan yang tepat waktu

2. Meningkatkan kerjasama international dan kerjasama kelembagaan Prodi Pendidikan Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan FK UNAIR/ RSUD Dr. Soetomo

3. Meningkatkan  pengabdian masyarakat, kualitas riset,dan publikasi ilmiah

4. Terwujudnya kepuasan stakeholders terkait lulusan Prodi Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FK UNAIR

Nilai-nilai yang menjadi kekhasan Program Studi Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang terkait dengan nilai-nilai khas Universitas Airlangga dan mengacu pada rumusan Universitas: 

  1. Excellence with Morality , mahasiswa tidak hanya dituntut dengan nilai akademis dan softskill yang mampu bersaing dengan perkembangan zaman tapi juga dituntut untuk bermoral yang baik. Moral itu penting untuk diolah dan dibentuk selama proses pendidikan. Lulusan Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan diharapkan menjadi pribadi yang luar biasa (Excellence) dalam bidang Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi serta tetap bermoral termasuk rendah hati dengan kompetensi yang dimilikinya.

  2. HEBAT yang merupakan akronim dari Humble, Excellence, Brave, Agile, Transcendence.

  • Humble maksudnya rendah hati  adalah peserta didik harus memiliki kepribadian yang rendah hati terhadap semua orang. Karena seperti istilah apa yang kita tanam itu yang kita tunai. Jika kita bisa membantu sesama dan menolong kenapa kitak bersikap pasif.

  • Excelence maksudnya luar biasa, yaitu peserta didik  harus menjadikan diri kita memiliki suatu yang luar biasa. Entah dari prestasi kita atau kepribadian kita yang membuat kita dipandang luar biasa oleh orang sekitar.

  • Brave maksudnya berani,yaitu peserta didik Universitas Arilangga itu harus berani dalam mengungkapkan pendapat, dan berani dalam melakukan segala hal jika konteksnya itu baik.

  • Agile maksudnya tangkas, yaitu peserta didik Universitas Airlangga harus tanggas dalam melakukan berbagai hal. Tangkas dan aktif dalam organisasi atau kegiatan yang baik untuk mengasah sofkill seperti, mengikuti organisasi selama itu positif dan bermanfaat. Peserta didik  mesti berdaya responsif dan eksekusi yang baik. Terutama memiliki daya fleksibiltas terhadap problem yang muncul secara tiba-tiba

  • Transcendence maksundya segala sesuatu yang telah dilakukan dan dikerjakan oleh para peserta didik  tidak boleh terputus dan tidak boleh terdapat sekat kepada Yang Maha Kuasa. Dalam hal ini adalah Tuhan Yang Maha Esa.